Tingkat Pemahaman Tenaga Kependididkan Terkait dengan Visi, Misi Keilmuan dan tujuan STKIP Yapis Dompu




Visi

Menjadikan Perguruan Tinggi Keguruan yang Unggul dan Berwawasan Keislaman dan Berdaya Saing Nasional di Tahun 2029

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi,
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan, dan Ipteks yang temuannya dimanfaatkan sebagai pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat serta untuk memenuhi tuntutan masyarakat atau pengguna outcomes STKIP Yapis Dompu,
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan, dan Ipteks,
  4. Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan,
  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran secara profesional berbasis penelitian dan perkembangan Ipteks; dan Renop STKIP Yapis Dompu 2023-2029, dan
  6. Membentuk insan civitas akademika yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam suasana kampus yang Islami.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara professional,
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukkan dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga,
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahterah,
  4. Menghasilkan kinerja institusi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan,
  5. Mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri: menjadi guru yang berkemampuan tinggi dan berwawasan luas; menguasai bidang studi yang digeluti sehingga mampu memanfaatkannya dilembaga pendidikan formal/nonformal dan lembaga-lembaga lain yang terkait; serta mampu mengaktualisasikan diri sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat, dan
  6. Terintegrasinya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan akademik dan pengelolaan keuangan.

Form pengisian

No Indikator Persentase%
1 2 3 4
1 Tenaga kependidikan memiliki pemahaman yang mendalam tentang visi keilmuan STKIP Yapis Dompu.
2 Tenaga kependidikan mampu menjelaskan dengan jelas visi keilmuan STKIP Yapis Dompu kepada mahasiswa.
3 Tenaga kependidikan aktif terlibat dalam diskusi dan pengembangan visi keilmuan STKIP Yapis Dompu.
4 Pemahaman Tenaga kependidikan terhadap visi keilmuan tercermin dalam desain dan pelaksanaan kurikulum.
5 Tenaga kependidikan mampu mengaitkan visi keilmuan dengan perkembangan terkini dalam bidang Pendidikan.
6 Tenaga kependidikan memiliki kesesuaian antara visi keilmuan dan fokus pengajaran dalam mata kuliah yang diampu.
7 Tenaga kependidikan memiliki keterlibatan dalam kegiatan riset yang mendukung visi keilmuan Pendidikan.
8 Pemahaman Tenaga kependidikan terhadap visi keilmuan tercermin dalam pandangan dan publikasi ilmiahnya.
9 Tenaga kependidikan mampu mentransfer pemahaman visi keilmuan kepada mahasiswa dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan mereka.
10 Tenaga kependidikan memiliki keterlibatan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan visi keilmuan pendidikan.